Tips Memilih Mesin Absensi Sidik Jari

header

Mungkin anda adalah salah satu orang yang sedang mencari atau membutuhkan Absensi sidik jari untuk kantor atau perusahaan anda, dan Anda bingung mau pakai merek apa? karena Saat ini kita mengetahui sangat banyak beredar Mesin Absensi Sidik jari dengan berbagai merek, dan pada umumnya memiliki spesifikasi dan model yang hampir sama. ya, karena sebagian besar mesin-mesin tersebut Berasal dari pabrik yang sama dan negara yang sama, yaitu Made in China.

Lalu bagai mana cara memilih merek dan type yang pas dan sesuai dengan kebutuhan?. Di sini saya akan menjelaskan beberapa kriteria yang mesti Anda pahami untuk bisa memilih Mesin Absensi Sidik jari atau Alat Absensi yang berbasis Bio metric. sebelum menentukan sebuah Merek dan type yang akan di percayakan untuk membantu anda dalam perhitungan Presensi atau kehadiran karyawan.

  1. Mintalah kepada Marketing dari beberapa merek untuk mempresentasikan produknya ke tempat atau perusahaan anda, dan umumnya fasilitas untuk presentasi atau demo ini gratis.
  2. Yang kemudian harus di perhatikan adalah hasil Akhir yang di inginkan dari sebuah Absensi Sidik Jari, apakah anda menginginkan hasil akhirnya hanya sampai pada laporan kehadiran, keterlambatan, dan Ijin saja, atau sampai pada perhitungan gaji karyawan. jika yang anda butuhkan hanya sampai pada laporan kehadiran, tanyakan untuk contoh hasil laporannya, dan pastikan itu sesuai dengan kebutuhan anda. namun jika kebutuhan anda sampai pada perhitungan gaji karyawan, sampaikan pada marketing tersebut aturan-aturan atau formula-formula gaji yang berlaku di perusahaan anda secara detail dan terperinci, dan tanyakan apakah program penggajian dari merek tersebut bisa mem backup kebutuhan anda? jika anda belum menyampaikan aturan-aturan atau formula-formula gaji yang berlaku di perusahaan anda secara detail dan terperinci tapi Marketing sudah dengan PD nya mengatakan bisa mem backup kebutuhan anda, maka 70 % penggajian anda akan bermasalah di kemudian hari.
  3. Setelah poin di atas terpenuhi sekarang tinggal menentukan Type yang akan di pakai, Umumnya saat ini Absensi Sidik jari memiliki Kapasitas sidik jari yang besar 1000 sidik jari – 120.000 sidik jari, anda jangan terkecoh, dan kebanyakan marketing-marketing juga belum mengetahuinya bahwa jumlah tersebut adalah jumlah total template sidik jari yang bisa di daftarkan. Jadi jika mesin tersebut berkapasitas 1000 sidik jari bukan berarti mesin tersebut bisa dipakai untuk 1000 karyawan, dengan asumsi jika 1 karyawan di daftarkan 1 sidik jari. tapi konfigurasi mesin tersebut adalah setiap 1 karyawan bisa di daftarkan sampai 10 sidik jari, maka untuk mesin ber kapasitas 1000 sidik jari bisa di pakai maksimal untuk 100 karyawan.
  4. Setiap setiap perbedaan pada kapasitas mesin itu dipengaruhi dari Kecepatan processor, kapasitas RAM dan ke akuratan Optical Scanner. dan anda harus jeli mengenai hal ini, karena umumnya itu tidak tercantum dalam spesifikasi mesin tersebut. namun dari pengalaman, saya menarik kesimpulan bahwa rata-rata mesin absensi sidik jari memiliki kecepatan baca +- 3 detik/ sidik jari dengan kapasitas penuh, ini di pakai untuk menentukan jumlah mesin yang akan di pakai di perusahaan anda. jika anda memiliki karyawan 1000 maka  bisa di backup dengan mesin berkapasitas 10.000 sidik jari, namun yang harus anda perhatikan adalah jumlah karyawan yang mengantri untuk Absensi/Presensi jika hanya di backup dengan 1 mesin.  Jika anda memiliki 1000 karyawan maka waktu yang akan di habiskan untuk melakukan absensi / presensi adalah 1000 org x 3 detik = 3000 detik ( 50 menit ) maka akankah anda membiarkan karyawan anda menghabiskan waktunya hanya untuk melakukan Absensi? dari sini anda bisa menghitung berapa idealnya mesin yang harus anda pakai jika karyawan anda 1000 0rang.
  5. Tanyakan pada marketing merek tersebut, fasilitas atau kelabihan yang akan anda dapatkan jika membeli merek tersebut, umumnya untuk masa garansi Absensi sidik jari adalah 1 tahun hingga 5 tahun jadi hitunglah juga Efektifitas mesin tersebut 5 tahun mendatang jika Anda mengambil yang garansi 5 tahun.
  6. Tak lupa juga untuk dukungan Customer Support, biasanya Customer Support terbagi menjadi 2 Customer Support Online ( untuk mengatasi hal-hal yang tidak terlalu serius) dan Customer Support Offline ( untuk mengatasi masalah yang sifatnya lebih serius dan butuh kedatangan langsung ke tempat anda) tanyakan juga untuk Kuota Training atau pelatihan penggunaan Absensi sidik jari, apakah memakai durasi jam atau visiting(kedatangan), jika saya menyarankan anda lebih baik memakai yang per kedatangan dan umumnya para vendor atau distributoor ini memberikan fasilitas sampai 3 x kedatangan, kemudian jika kantor atau perusaan anda di luar area kantor merek tersebut apakah di kenakan biaya tambahan untuk tranportasi jika harus datang ke tempat anda.

Beberapa tips tersebut bisa menjadi salah satu acuan bagi anda untuk dapat memilih merek dan type Absensi Sidik Jari yang sesuai dengan kebutuhan anda, di samping mungkin Perusahaan anda telah memiliki kriteria khusus untuk memilih sebuah produk. Tak lupa saran dan kritik anda sangat kami tunggu sebagai bahan masukan kami agar bisa memberikan  pelayanan terbaik kepada Client-client kami.

Comments are Closed

%d blogger menyukai ini: